HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Agustina, Agustina and Nursalim Malay, Nursalim Malay (2011) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Jurnal Insight. pp. 1-14. ISSN 1907 – 1035

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG.pdf] Text
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG.pdf

Download (656kB)

Abstract

Proses belajar siswa, kecerdasan intelektual (IQ) dan
kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) itu sangat
diperlukan. IQ tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa partisipasi penghayatan emosional terhadap mata pelajaran yang disampaikan di sekolah. Motivasi belajar juga memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan prestasi belajar. Dengan motivasi belajar yang tinggi memungkinkan siswa dapat mengoptimalkan kemampuan dirinya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubunganantara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa Kelas XI SMA Al-Kautsar Lampung.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) ada hubungan antara
kecerdasan emosional dengan prestasi belajar, (2) ada hubungan
antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, (3) ada hubungan
antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi
belajar.
Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah prestasi belajar,
kecerdasan emosional, dan motivasi belajar. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Al-Kautsar sejumlah 322. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A2, XI A4, dan XI S3 sebanyak 116 orang siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan metode skala. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi menggunakan uji F dan korelasi sederhana uji korelasi menggunakan uji r. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh (1) rx1y= 0,521 dengan p < 0,01 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara
kecerdasan emosional dengan prestasi belajar sebesar 8,17%, (2) rx2y= 0,577 dengan p < 0,01 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 25,619%, dan (3) Rx12y= 0,586 dengan p < 0,01 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 34,329%.

Kata Kunci: Kecerdasan emosional, motivasi belajar, dan prestasi belajar

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with email bm251@ums.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2023 13:03
Last Modified: 15 Feb 2023 13:03
URI: http://repository.uml.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item