Satrio, Muhammad Alfa and Nugroho, Anggi Septia and Putra, Arizal Eka (2024) IMPLEMENTASI METODE REPETITIVE PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT KELAS 1B DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 07 (1). ISSN 2655-710X
Jurnal Muhammad Alfa Satrio.pdf
Download (682kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode repetitif pada mata
pelajaran Mahfudzot kelas 1B di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda,
Lampung Selatan. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dengan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa metode repetitif
memiliki dampak positif pada pencapaian santri, menciptakan lingkungan pembelajaran
terstruktur dan fokus. Meskipun efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan kemampuan
hafalan, penelitian juga mengidentifikasi hambatan seperti rasa bosan. Faktor pendukung, seperti
pemberian soal terkait sebelum pembelajaran, terbukti bermanfaat. Kesimpulannya,
implementasi metode repetitif pada Mahfudzot dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di
tingkat dasar, sementara upaya terus dikembangkan untuk mengatasi kendala dan
mempertahankan keterlibatan santri.
Kata Kunci: Metode Repetitive, Pend
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Repetitive, Pendidikan Islam, Mahfudzot, Inovasi Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | liggarialova lingga |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 04:50 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 04:50 |
URI: | http://repository.uml.ac.id/id/eprint/165 |