STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN AL-AMIN KARANG ANYAR GEDONG TATAAN PESAWARAN

Wijaya, Ariski and Basyar, Muslim and Putra, Arizal Eka (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN AL-AMIN KARANG ANYAR GEDONG TATAAN PESAWARAN. Jurnal Pendidikan Al-Qur'an, 8 (2).

[thumbnail of ARL Template - Ariski Wijaya, Muslim Basyar, Arizal Eka putra.pdf]
Preview
Text
ARL Template - Ariski Wijaya, Muslim Basyar, Arizal Eka putra.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran, begitu pula dalam pengajaran tahfidz Al-Qur’an. Pondok
Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Al-Amin menjadi lembaga yang menaungi
para santrinya dalam menghafal Al-Qur’an tentu memiliki strategi yang
baik dalam mengajarkan para santrinya agar menjadi para penghafal Al�Qur’an yang berhasil dan mencapai target yang telah ditentukan. Penelitian
ini dirancang dengan metode kualitatif dengan cara melakukan observasi
langsung di tempat, dan juga melakukan wawancara terpusat kepada para
narasumber yang ada seperti para santri dan ustadz. Hasil dari penelitian ini
yakni pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Al�Qur’an Al-Amin menggunakan strategi pembelajaran untuk mencapai target
yang ditentukan yaitu: membuat buku mutaba’ah untuk memantau hasil dari
pembelajaran santri, membentuk kelompok untuk menghafal Al-Qur’an
(halaqah) untuk mempermudah dalam pembelajaran Al-Qur’an,
menggunakan metode talaqqi untuk para santri menghafal Al-Qur’an,
menentukan target hafalan Al-Qur’an agar para santri memaksimalkan
waktu dan juga kemampuan yang dimilikinya, muraja’ah Al-Qur’an untuk
menguatkan hafalan santri yang sudah pernah dihafal. Faktor-faktor
pendukung keberhasilan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an adalah: Peran
penting pengajar (ustadz) dalam membimbing para santri dalam
pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, fasilitas dan lingkungan belajar yang baik,
dan motivasi santri untuk menghafal Al-Qur’an. Adapun faktor-faktor
penghambat keberhasilan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an adalah: gangguan
psikologis santri dikarenakan jauh dari orang tua, manajemen waktu yang
buruk oleh santri, yang tak dapat membagi dan menggunakan waktu dengan
baik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran tahfidz al-qur’an pondok pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: liggarialova lingga
Date Deposited: 21 Feb 2024 05:00
Last Modified: 21 Feb 2024 05:00
URI: http://repository.uml.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item
View Item