Peran Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung Bulan Januari – Juni Tahun 2024

Frandika, Andresyah (2024) Peran Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung Bulan Januari – Juni Tahun 2024. Peran Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung Bulan Januari – Juni Tahun 2024: 14. pp. 1-14.

[thumbnail of Jurnal Andresyah Frandika 21702010016 FIX.pdf]
Preview
Text
Jurnal Andresyah Frandika 21702010016 FIX.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Peran Humas di UPT Kantor Pencarian
dan Pertolongan Kelas A Lampung dalam meningkatkan pelayanan publiknya. Guna
meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap betapa pentingnya keselamatan diri di situasi
darurat, maka Humas di UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung melakukan
berbagai indikator peran humas untuk tercapainya peningkatan pelayanan publik. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus,
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Humas UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung
berperan penting dalam memperkuat kualitas pelayanan melalui empat peran utama humas:
komunikator, hubungan, dukungan manajemen, dan menciptakan citra positif. Humas UPT
Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung berhasil menyediakan saluran
komunikasi yang mudah diakses dan akurat, menjalankan berbagai program edukasi untuk
meningkatkan responsivitas masyarakat, dukungan manajemen berupa pelatihan rutin, dan
berhasil memperkuat citra positif UPT Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Lampung
melalui publikasi kegiatan dan kolaborasi dengan media. Penelitian ini menunjukkan bahwa
Humas memegang peran penting dalam membangun hubungan baik dengan masyarakat,
meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta menjaga reputasi instansi.
Kata Kunci : Humas; Pelayanan Publik; Kantor Pencarian dan Pertolongan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas ISIPOL > Ilmu Komunikasi
Depositing User: liggarialova lingga
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:47
Last Modified: 15 Jul 2025 06:47
URI: http://repository.uml.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item
View Item