AKTIVITAS MA|RKETING PUBLIC RELA|TIONS DA|LA|M MENINGKA|TKA|N OCCUPANCY HOTEL HORISON LA|MPUNG TA|HUN 2023

OKTOGEN, ANTON (2024) AKTIVITAS MA|RKETING PUBLIC RELA|TIONS DA|LA|M MENINGKA|TKA|N OCCUPANCY HOTEL HORISON LA|MPUNG TA|HUN 2023. Other thesis, Univ. Muhammadiyah lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
AKTIVITAS MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM
MENINGKATKAN OCCUPANCY HOTEL HORISON LAMPUNG
TAHUN 2023
Oleh
ANTON OKTOGEN
NPM: 20702010035
Kota Bandar Lampung adalah ibu kota Provinsi Lampung yang berada di
ujung Pulau Sumatera dekat dengan Pulau Jawa dan menjadi pusat perekonomian
strategis. Sebagai pertemuan lintas tengah dan timur Sumatera, kota ini
memerlukan fasilitas akomodasi memadai untuk wisatawan bisnis dan rekreasi.
Dengan persaingan ketat di industri perhotelan, Hotel Horison Lampung
membutuhkan strategi pemasaran efektif. Marketing Public Relations (PR)
penting dalam membangun citra positif dan hubungan baik dengan masyarakat
melalui publikasi, sponsorship, berita, media identitas, event dan public service
activity. Data tahun 2023 menunjukkan penurunan jumlah tamu di awal tahun
2023, yang menjadi tantangan untuk mencapai target hunian 80% setiap bulannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas Marketing Public
Relations dalam meningkatkan occupancy Hotel Horison Lampung Tahun 2023.
Penelitia|n ini mengguna|ka|n pendeka|ta|n deskriptif kua|lita|tif. Teknik
pengumpula|n da|ta| dila|kuka|n mela|lui observa|si, wa|wa|nca|ra| da|n
dokumenta|si.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi Marketing Public Relations
memiliki peran penting dalam meningkatkan tingkat hunian (occupancy) Hotel
Horison Lampung. Namun, meskipun berbagai strategi telah diterapkan, target
tingkat hunian belum tercapai. Persaingan ketat di industri perhotelan di Bandar
Lampung menjadi tantangan utama yang dihadapi. Hotel Horison Lampung perlu
memperkuat dan mengembangkan strategi pemasaran dan hubungan
masyarakatnya (public relations) dengan lebih inovatif dan terintegrasi, guna
meningkatkan daya saing di tengah persaingan perhotelan yang semakin ketat di
Bandar Lampung, menarik lebih banyak tamu, dan mencapai target occupancy
yang diinginkan.
Kata Kunci : Akrivitas Marketing, Public Relations, Occupancy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas ISIPOL > Ilmu Komunikasi
Depositing User: liggarialova lingga
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:37
Last Modified: 18 Jul 2025 07:37
URI: http://repository.uml.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item
View Item