STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN APOTEK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Apotek Musi Rajabasa Bandar Lampung Tahun 2022)

Khtoimah, Husnul (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN APOTEK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Apotek Musi Rajabasa Bandar Lampung Tahun 2022). Other thesis, Univ. Muhammadiyah lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN APOTEK
DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN
(Studi Pada Apotek Musi Rajabasa Bandar Lampung Tahun 2022)
Oleh
Husnul Khtoimah
NPM. 19022005
Strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kepercayaan konsumen
di salah satu apotek yang bernama Apotek Musi sebagai usaha yang bergerak di
bidang kefarmasian, yang memiliki tanggung jawab atas obat-obatan. Adapun yang
memotivasi dan mendasari peneliti meneliti di lokasi ini dikarenakan terdapat
rumusan masalah ialah (1) Pengunjung di tahun 2021 mengalami penurunan. (2)
Pemasaran menggunakan media sosial Instagram yang tidak aktif. Namun Apotek
Musi dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan menggunakan strategi
komunikasi pemasaran yang akurat dan tepat sehingga mampu mempertahankan
kepercayaan konsumen pada Apotek Musi hingga saat ini.
Jenis metode penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, metode
pengambilan data, observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk menggambarkan
secara mendalam dan detail obyek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran
yang diterapkan Apotek Musi yaitu: iklan, penjualan personal, promosi penjualan,
hubungan masyaraat. Pemasaran menggunakan media sosial memang sudah
berjalan di Apotek Musi yaitu melakukan kegiatan iklan dengan mempromosikan
keberadaannya pada aplikasi Instagram yang isinya berupa profil Apotek Musi
Bandar Lampung. Namun, Instagram Apotek Musi tidak dikelola dengan baik.
Dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran apotek memiliki target
masyarakat sekitar dan kebanyakan orang tua, sedangkan targetnya adalah
konsumen yang ada di Kota Bandar Lampung Terkait pelayanan yang dilakukan
oleh pegawai Apotek Musi Bandar Lampung, Pengunjung merasa puas karena
pelayanan yang diberikan sangat ramah, dan sabar.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepercayaan Konsumen

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas ISIPOL > Ilmu Komunikasi
Depositing User: liggarialova lingga
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:07
Last Modified: 22 Jul 2025 08:07
URI: http://repository.uml.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item
View Item