MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG

KARLINA, AZZAHRA (2024) MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG. Other thesis, Univ. Muhammadiyah lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
MODEL PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SDIT MUHAMMADIYAH
GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG
Karlina
NPM. 20862080013
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program tahfidzul Qur‟an
di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung yaitu : Pertama,
model pembelajaran tahfidzul Qur‟an` di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang
Bandar Lampung. Kedua, bagaimana implementasi pembelajaran tahfidzul
Qur‟an` di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Program
tahfidzul Qur‟an yang diterapkan di sekolah bukan sesuatu yang mudah, selain
siswa dan siswi dihadapkan dengan mata pelajaran umum juga dihadapkan
dengan kegiatan khusus, yaitu; menghafal al-Qur‟an, sehingga diperlukan strategi
dalam menerapkan program tersebut agar dapat berjalan sesuai dengan yang
diharapkan. Hal itu dilakukan di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar
Lampung.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu pertama, bagaimana model
pembelajaran tahfidzul Qur‟an` di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar
Lampung, kedua, bagaimana implementasi pembelajaran tahfidzul Qur‟an` di
SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Metode penelitian ini
menggunakan desain penelitian kualitatif deskriftif dengan metode penelitian
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis mengenai di SDIT Muhammadiyah Gunung
Terang menggunakan metode Talaqqi dalam proses pembeljaran tahfidzul Qur‟an
kepada siswanya, hal ini terihat dari pada saat proses pembelajaran Qur‟an, para
siswa di kelas yang membaca dan menghafal Al-Qur‟an lalu menyetorkan atau
memperdengarkan hafalan yang baru dihafal kepada gurunya dengan disertai
bimbingan dalam bacaan. Dalam implementasinya SDIT Muhammadiyah Gunung
Terang melaksanakan pembelajaran tahfidz sesuai dengan jadwal yang telah
disusun dari mulai pukul 07.30 siswa masuk, berdo‟a dan murja‟ah, pukul 08.00
siswa menghafal, kemudian pukul 08.30 siswa menyetorkan hasil hafalan.
Penerapannya dilaksanakan dengan program one day one colour atau menghafal
satu hari satu warna, ayat yang dihafal bisa dua sampai tiga ayat dalam seharinya,
dengan harapan ketika lulus anak-anak nanti sudah mempunyai hafalan lima juz,
sesuai dengan program unggulan SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar
Lampung.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur‟an, SDIT Muhammadiyah
Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: liggarialova lingga
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:16
Last Modified: 31 Jul 2025 08:16
URI: http://repository.uml.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item
View Item